alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga di Aceh Gelar Ritual Tolak Bala untuk Cegah Pandemi Covid-19

Suhardiman Kamis, 09 September 2021 | 11:47 WIB

Warga di Aceh Gelar Ritual Tolak Bala untuk Cegah Pandemi Covid-19
Warga di Kabupaten Pidie menggelar ritual tolak bala untuk mencegah pandemi Covid-19. [ANTARA]

Mereka berkeliling jalan kaki di daerah tersebut.

SuaraSumut.id - Warga di Grong-Grong, Kabupaten Pidie, Aceh, menggelar ritual tolak bala untuk mencegah pandemi Covid-19. Mereka berkeliling jalan kaki di daerah tersebut.

Camat Grong-Grong Nasrinah Hanim mengatakan, kegiatan ini sesuai imbauan Bupati Pidie Roni Ahmad melalui surat yang bernomor 451.1/4098/2021 yang ditujukan kepada Camat dan para Keuchik.

Salah satu point yang terteran adalah menghidupkan tradisi tolak bala bersama dengan tata cara pelaksaan dimulai dengan salat riyadhah/istighasah, zikir, doa tolak bala, thawafud-diyar (keliling kampung dengan berjalan kaki) doa dan selawat.

"Kami melaksanakan ritual tolak bala dan penyakit ini dengan berjalan kaki mengelilingi kampung secara serentak di 15 gampong dalam Kecamatan Grong-Grong, sebelumnya setiap desa juga melakukan doa dan zikir serta shalat di Meunasah," katanya, melansir Antara, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Jerat Pemakai Narkoba Pakai Pasal Pengedar, Komisi III: Aparat Tak Peduli Lapas Penuh

Dalam imbauan juga meminta warga tetap tenang, waspada, tidak perlu menyikapi secara berlebihan dan tetap mengikuti arahan-arahan pemerintah dalam hal ketentuan menjaga protokol kesehatan.

Ia mengatakan, kegiatan itu tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Covid-19 merupakan bentuk ujian dan cobaan dan kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar non medis yang dapat dilakukan agar dijauhkan dari bahaya virus oleh Allah SWT," jelasnya.

Ia mengklaim warga sudah semakin sadar dengan bahaya Covid-19 yang mengancam nyawa. Pihaknya juga terus mengedukasi masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, juga mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi demi tercapainya Herd Immunity sehingga dapat hidup secara normal kembali.

Baca Juga: Memilukan! Baru Selesai Sidang Skripsi, Mahasiswi Ini Kecelakaan Hingga Meninggal Dunia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait