alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Program Masjid Mandiri Besutan Bobby Nasution Jadi Solusi Konkret Ekonomi Umat

Suhardiman Kamis, 02 Desember 2021 | 09:52 WIB

Program Masjid Mandiri Besutan Bobby Nasution Jadi Solusi Konkret Ekonomi Umat
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Ist]

Bobby berharap program ini nantinya dapat membangun kemajuan ekonomi umat dan peradaban Islam dari masjid.

SuaraSumut.id - Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Wakil Wali Kota H Aulia Rachman meluncurkan program Masjid Mandiri, setelah sebulan dilantik.

Program ini bertujuan untuk memakmurkan masjid beserta jamaahnya. Melalui program ini, Bobby berharap masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi juga dapat digunakan sebagai sentra aktivitas masyarakat, baik pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial maupun politik.

Bobby berharap program ini nantinya dapat membangun kemajuan ekonomi umat dan peradaban Islam dari masjid. Rasa optimis Bobby dikuatkan lagi karena ekonomi syariah pertama kali diperkenalkan dan dipraktikkan di masjid, bukan melalui dunia perbankan.

Melalui program Masjid Mandiri ini, pemberdayaan ekonomi syariah harus dilakukan dari masjid dengan mengembangkan ekonomi syariah. Melalui masjid harus disyiarkan dan diajarkan ekonomi syariah kembali kepada para jamaahnya sehingga mereka mengetahui lebih dalam lagi ilmu ekonomi yang sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga: Larissa Chou Batalkan Kuliah Demi Rawat Anak yang Diduga Sakit Paru-paru

"Cita-cita saya ingin menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah saja, tapi juga kebangkitan peradaban dan ekonomi syariah. Untuk mewujudkannya, tentunya dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak. Untuk mencapainya harus dimulai dari masjid. Saya minta minta program Masjid Mandiri harus jalan. Jadi, mari kita bersinergi guna mensukseskannya," kata Bobby.

Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Ist]
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Ist]

Saat ini jumlah masjid yang ada di Medan tercatat sebanyak 1.115 masjid dengan kondisi fisik yang sangat baik. Jika seluruh masjid mensyiarkan ekonomi syariah, Bobby optimis tidak ada lagi jamaah yang mau menggunakan uang riba karena telah mengetahui betapa besarnya dosa melakukan praktik riba tersebut.

Suami Kahiyang Ayu ini berharap agar program Masjid Mandiri dapat berjalan dengan baik sehingga tujuannya untuk meningkatkan prekonomian dan peradaban Islam terwujud. Tidak itu saja, Bobby juga berharap jika program Masjid Mandiri berjalan sesuai yang diharapkan tentunya dapat mendukung pembangunan Islamic Centre yang sudah sangat lama dirindukan umat Islam Kota Medan.

"Kita tidak ingin hanya sekedar membangun fisik bangunannya semata, tapi juga harus membangun kehidupan Islamic Centre melalui program Masjid Mandiri yang telah kita jalankan saat ini," kata menantu Presiden Jokowi ini.

Program Masjid Mandiri yang dibesut Bobby Nasution mendapat apresiasi dari Akademisi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Safwan Bukhari SE Msc IBF.

Baca Juga: Dinilai Mampu Ringankan Beban Masyarakat, Mensos Dianugerahi GATRA Awards 2021

Dirinya mengaku sangat mendukung karena tujuannya untuk mensejahterakan kemaslahatan umat, khususnya di sektor perekonomian. Dalam membuat konsep Masjid Mandiri, kata Safwan, harus memperhatikan pengelolaan dana di masjid tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait