facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menaker Minta Perusahaan Rekrut Kembali Pekerja yang Dirumahkan

Suhardiman Selasa, 17 Mei 2022 | 19:01 WIB

Menaker Minta Perusahaan Rekrut Kembali Pekerja yang Dirumahkan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. [Suara.com/M.Aribowo]

Kementerian Ketenagakerjaan, kata Ida, terus memperluas kesempatan kerja.

SuaraSumut.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta perusahaan-perusahaan merekrut kembali pekerja yang di PHK dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Ida Fauziyah usai meresmikan BLK Maritim di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di Medan, Selasa (17/5/2022).

"Kita harap perusahaan-perusahaan pada masa pandemi Covid-19 banyak melakukan PHK atau merumahkan (pekerja), dan saat ini dalam kondisi normal (Covid-19 mereda), produknya sudah dibutuhkan masyarakat, maka saya berharap kembali dipekerjakan," ujarnya.

Ida mengatakan, angka pengangguran di Indonesia mengalami penurunan. Hal ini berbanding lurus dengan semakin terkendalinya Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Jalan Pulang Dari Sekolah, Siswi SD Dicegat Kemudian Diperkosa Dalam Semak-semak oleh Tukang Ojek

"Data menunjukkan kalau pengangguran kita turun karena teman-teman yang pada masa pandemi di PHK dan dirumahkan itu kembali diperkerjakan," kata Ida.

Data per Februari 2022 menunjukkan penurunan pengangguran yang cukup siginifikan. Kementerian Ketenagakerjaan, kata Ida, terus memperluas kesempatan kerja.

"Kita terus memperluas kesempatan kerja dan sedang kita dorong melahirkan kewirausahawan baru, karena kita yakini mulai dari pelaku usaha mikro kecil itu akan bisa menyerap tenaga kerja," tandasnya.

BPS mencatat jumlah dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 8,40 juta orang atau setara 5,83 persen per Februari 2022.

Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 8,75 juta orang atau setara 6,26 persen. Namun masih lebih tinggi dibandingkan periode Februari 2020 yang hanya 6,93 juta orang atau setara 4,94 persen.

Baca Juga: Asnawi Absen Lawan Thailand, Timnas Indonesia U-23 Mungkin Diperkuat Saddil Ramdani

Meski setahun belakangan mengalami penurunan tapi tingkat pengangguran di Indonesia belum kembali kepada posisi sebelum krisis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait