facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tangkapan Ikan Nelayan di Lhokseumawe Turun, Ini Penyebabnya

Suhardiman Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:06 WIB

Tangkapan Ikan Nelayan di Lhokseumawe Turun, Ini Penyebabnya
Ilustrasi nelayan tradisional.(pixabay)

penurunan hingga 252,5 ton tersebut terjadi akibat cuaca buruk di perairan Selat Malaka, sehingga nelayan tidak dapat melaut.

SuaraSumut.id - Hasil tangkapan ikan nelayan di Lhokseumawe, Aceh, mengalami penurunan. Hal ini terjadi akibat cuaca buruk.

Demikian dikatakan oleh Koordinator Unit Pelaksanaan Teknis Pangkalan Pendaratan Ikan Pusong Asmadi, melansir Antara, Sabtu (18/6/2022).

"Hasil tangkap ikan nelayan di Pangkalan Pendaratan Ikan Pusong, Kota Lhokseumawe menurun pada Mei 2022 dibandingkan April 2022," katanya.

Asmadi mengatakan, ikan tangkapan nelayan pada Mei 2022 mencapai 384,6 ton atau rata-rata 12,4 ton per hari dengan nilai jual lelang Rp 9,2 miliar.

Baca Juga: Viral Aksi Balap Liar di Jember Berakibat Kecelakaan Beruntun

"Sedangkan ikan tangkapan periode April 2022 sebanyak 637,1 ton atau 21,2 ton per hari dengan nilai jual lelang sebesar Rp 10 miliar," kata Asmadi.

Menurut Asmadi, penurunan hingga 252,5 ton tersebut terjadi akibat cuaca buruk di perairan Selat Malaka, sehingga nelayan tidak dapat melaut.

Sehingga menurunnya kunjungan kapal yang membawa hasil tangkapan ikan di perairan Selat Malaka ke Pangkalan Pendaratan Ikan Pusong.

"Pada Mei lalu cuaca buruk dan bertepatan pada perayaan Idul Fitri, sehingga banyak nelayan tidak melaut. Hal ini mengakibatkan turunnya ikan hasil tangkapan nelayan," katanya.

Ikan hasil tangkapan nelayan didominasi ikan jenis cakalang, layang, teri dan tongkol.

Baca Juga: Sempat Ditolak Ceramah di Acara Tabligh Akbar, Ribuan Jamaah Antusias Sambut Kedatangan Ustaz Abdul Somad

"Harga ikan bervariasi dan tergantung hasil tangkapan nelayan. Jika tangkapan nelayan banyak, maka harganya cenderung turun. Sebaliknya jika tangkapan sedikit maka harganya akan mahal," kata Asmadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait