facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jika Pilgub Sumut Dilakukan Saat Ini, Bobby Nasution Bakal Unggul Tipis dari Gubsu Petahana Edy Rahmayadi

Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah Rabu, 06 Juli 2022 | 16:34 WIB

Jika Pilgub Sumut Dilakukan Saat Ini, Bobby Nasution Bakal Unggul Tipis dari Gubsu Petahana Edy Rahmayadi
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Suara.com]

Wali Kota Medan Bobby Nasution memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Sumatera Utara 2024. Hal itu berdasarkan survei Charta Politika.

SuaraSumut.id - Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution memiliki elektabilitas tertinggi sebagai figur calon gubernur (cagub) di Pilkada Sumatera Utara 2024. Hal itu berdasarkan hasil survei terbaru milik Charta Politika Indonesia.

Dilihat oleh Suara.com dari paparan yang dikirimkan oleh Charta Politika, survei dilakukan dengan pertanyaan seandainya pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara dilaksanakan hari ini siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dari nama-nama di bawah ini?

Hasilnya, Bobby Nasution meraih elektabilitas dengan angka 29 persen, mengalahkan petahana Edy Rahmayadi dengan angka 28,2 persen. Kemudian di posisi ketiga ada nama Musa Rajekshah dengan angka 18,3 persen.

Pemaparan hasil survei Charta Politika. [Tangkapan layar]
Pemaparan hasil survei Charta Politika. [Tangkapan layar]

Sementara di posisi keempat ada nama Sihar Sitorus dengan angka 2 persen, kemudian ada nama Gus Irawan Pasaribu dengan angka 1,1 persen, lalu ada pula Prananda Surya Paloh dengan angka 0,5 persen.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas untuk Capres 2024, Ganjar Pranowo Teratas di Lampung dan Sumut

Dan posisi paling buncit ada nama Martin Manurung dengan angka 0,5 persen. Sementara nama lainnya hanya 0,1 persen, kemudian ada 20,4 persen responden tidak menjawab dan tidak tahu.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan di Sumatera Utara dilakukan pada tanggal 2 Juni hingga 7 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden per-provinsi.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Survei PWS: 62, 8 Persen Responden Puas dengan Kinerja Jokowi-Maruf

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait