Gratis, Education and Advisory Centre di RS Columbia Asia Medan

Layanan ini bertujuan agar pasien yang akan melakukan tindakan operasi kecil tidak harus dilakukan di ruang operasi.

Suhardiman
Rabu, 10 Mei 2023 | 19:00 WIB
Gratis, Education and Advisory Centre di RS Columbia Asia Medan
General Manager RS Columbia Asia Medan Deny Hidayat menjelaskan fasilitas dan peningkatan pelayanan bagi masyarakat. [Ist]

SuaraSumut.id - Rumah Sakit Columbia Asia (RSCA) Medan menghadirkan fasilitas dan pelayanan Education and Advisory Centre secara gratis.

"Education and Advisory Centre ini buka hari Senin hingga Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB," kata General Manager RS Columbia Asia Medan Deny Hidayat, Rabu (10/5/2023).

Deny menjelaskan, pihaknya menyediakan seorang dokter umum dan seorang perawat yang siap melayani konsultasi masyarakat secara gratis.

"Yang notabene akan memberikan edukasi advice kepada pasien, siapa saja secara gratis. Jika ada keluarga gak tahu sakitnya apa datang saja ke sini, jumpai dokter kami diedukasi nanti, kemungkinan sakitnya ini-ini dan bagusnya ke spesialis mana," ujarnya.

Baca Juga:Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja

Deny mengatakan fasilitas layanan konsultasi gratis ini tidak mengharuskan masyarakat untuk berobat ke RS Columbia Asia.

"Edukasi center kami juga bisa meng advice teman-teman (berobat) ke rumah sakit lain. Cuma education centre tidak boleh mengeluarkan obat, hanya mengedukasi memberitahukan kepada pasien penyakitnya apa, memberitahukan bagusnya berobat ke dokter mana," ungkapnya.

"Jadi kami rumah sakit pertama yang melaunching ini, semoga ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terlebih tentang kesehatan," sambung Deny.

Selain fasilitas layanan konsultasi gratis, pihaknya juga menyediakan Doctors Board yang merupakan layar informasi yang berada di lobi rumah sakit, berisi berbagai informasi layanan termasuk jadwal dokter yang beroperasi hingga jam 10 malam.

Kemudian, Layanan Sunday dan Holiday Clinic yang tadinya hanya melayani pada satu sesi saja, yaitu pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB, namun saat ini sudah dikembangkan menjadi dua Sesi, yaitu pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan Sesi Siang 13.00 WIB-17.00 WIB.

Baca Juga:Sudah Hari Ke-10, Baru Dua Partai yang Daftarkan Bakal Caleg, KPU: Masih Ada 16 Parpol Lagi

Menuturkan untuk memaksimalkan layanan fisioterapi, kata Deny, Rumah Sakit Columbia Asia Medan juga menambah jam operasional di hari Minggu, awalnya pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, namun saat ini menjadi pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Ditargetkan pada Juli 2023 akan beroperasi sampai pukul 21.00 WIB. Selain penambahan jam operasional dalam waktu dekat akan dilakukan penambahan jumlah bed agar semakin mengoptimalkan layanan kepada pasien," jelasnya.

Bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melakukan pemeriksaan di Radiologi Rumah Sakit Columbia Asia Medan, tidak perlu khawatir lagi karena layanan tersebut siap melayani pasien 24 jam khususnya pada pemeriksaan MRI dan CT-Scan.

"Para tim radiologi dan dokter kami selalu siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien," ucapnya.

Penambahan layanan baru yang akan dilaunching adalah 'Mini Surgery'. Layanan ini bertujuan agar pasien yang akan melakukan tindakan operasi kecil tidak harus dilakukan di ruang operasi.

"Pada layanan ini nantinya akan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah umum yang selalu siap melayani pasien," katanya.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak