Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien Positif COVID-19 di Aceh Melahirkan, Begini Keadaan Bayinya

M Nurhadi Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:32 WIB

Pasien Positif COVID-19 di Aceh Melahirkan, Begini Keadaan Bayinya
Bayi yang lahir dari pasien positif COVID-19 berinisial Za, 27 tahun, asal Kabupaten Nagan Raya di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, Kamis (13/8/2020). (ANTARA/HO)

"Kalau yang melahirkan baru ini satu orang, kondisi kesehatan pasien ini baik. Alhamdulillah," ujar Endang.

SuaraSumut.id - Seorang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Aceh dilaporkan baru saja melahirkan dengan selamat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh pada Kamis (13/8/2020).

Kabar ini dibenarkan secara langsung oleh Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Endang Mutiawati.

"Benar, dengan proses seksio (operasi sesar, red). Iya pasien positif COVID-19," kata Endang di Banda Aceh.

Endang mengatakan, perempuan itu berinisial Za (27) itu berasal dari Kabupaten Nagan Raya. Ia melahirkan dengan operasi sesar di ruang operasi khusus pasien COVID-19 di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Pihknya menyebut, pasien Za masuk ke RSUD Zainoel Abdidin Banda Aceh pada Rabu (13/8/2020) lalu, dengan kondisi terkonfirmasi positif COVID-19. Saat itu, ia juga sudah dalam masa persiapan melahirkan.

Selain Za, ujar Endang, sebelumnya juga terdapat dua pasien positif COVID-19 di Aceh yang menjalani operasi pendarahan otak dan usus buntu.

"Kalau yang melahirkan baru ini satu orang, kondisi kesehatan pasien ini baik. Alhamdulillah," ujarnya.

Pihaknya menilai meskipun pasien tersebut melahirkan dalam kondisi terkonfirmasi positif virus corona, tidak bisa diartikan bahwa ia juga menulari bayi yang baru saja dilahirkan.

"Enggak menularkan (COVID-19, red.) ke bayi," kata Endang.

Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUD Zainoel Abidin dr Novina Rahmawati mengatakan, pasien melahirkan dengan selamat. Kondisi bayinya jenis kelamin laki-laki dengan berat badan 3,3 kilogram.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait