facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenang Jasa Pahlawan, Pemkot Bukittinggi Gelar Apel Tengah Malam di TMP

M Nurhadi Selasa, 18 Agustus 2020 | 09:40 WIB

Kenang Jasa Pahlawan, Pemkot Bukittinggi Gelar Apel Tengah Malam di TMP
Pemkot Bukittinggi gelar apel kehormatan dan renungan suci peringati hari kemerdekaan [Padangkita.com/Ist]

Mari kita isi kemerdekaan ini sesuai dengan apa yang dicitacitakan para pahlawan untuk menjadikan bangsa ini hidup damai, aman, tenteram dan sejahtera serta hidup makmur, kata Ramlan.

SuaraSumut.id - Dalam rangkaian peringatan HUT Republik Indonesia ke-75, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan Kesuma Bhakti Gulai Bancah Bukittinggi, Senin (17/8/2020) dini hari.

Apel kehormatan yang dilaksanakan tepat pukul 00.00 WIB itu sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan di Makam Pahlawan tersebut. Makam pahlawan tersebut berisi Pahlawan Nasional sebanyak 1 orang, TNI Angkatan Darat sebanyak 281 orang, Kepolisian sebanyak 8 orang, Badan Pejuang sebanyak 25 orang, Pejuang Sipil sebanyak 38 orang dan Pahlawan tak dikenal sebanyak 23 orang.

Dandim 0304/Agam Letnan Kolonel Arh Yosip Brozti Dadi yang bertindak sebagai inspektur upacara bersama Pasi Ops Kodim 0304/Agam Kapten Inf Ridwan selaku komandan upacara, apel ini turut dihadiri Forkompimda, Kepala SKPD dan undangan terbatas lainnya.

Apel berlangsung dengan sangat khidmat, dengan diawali pembacaan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh inspektur upacara. Keadaan semakin terasa sakral saat penerangan diganti dengan obor.

Baca Juga: Ancaman Komplit RUU Cilaka: Rugikan Rakyat, Untungkan Oligarki, Ancam NKRI

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara–saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara–saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara–saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ucap Letkol Arh Yosip.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias usai apel mengatakan, rakyat Indonesia tidak boleh melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa Indonesia. Apel Kehormatan dan Renungan Suci menurutnya adalah bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Mari kita isi kemerdekaan ini sesuai dengan apa yang dicita–citakan para pahlawan untuk menjadikan bangsa ini hidup damai, aman, tenteram dan sejahtera serta hidup makmur,” pungkasnya, seperti dilansir dari Padangkita.com (jaringan Suara,com).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait