alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan Agar Tetap Sehat dan Segar

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi Senin, 09 November 2020 | 15:23 WIB

Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan Agar Tetap Sehat dan Segar
Warga menata tanaman hias di kawasan Menteng Jakarta/ Ilustrasi [Suara.com/Oke Atmaja]

Meski populer, tapi tak semua orang tahu cara merawat tanaman hias agar tetap sehat.

SuaraSumut.id - Hobi merawat tanaman hias tak hanya ramai digeluti masyarakat negara tropis seperi Indonesia tetapi juga di negara empat musim seperti Inggris dan Amerika Serikat lho.

Tapi sayangnya, tak semua orang tahu cara merawat tanaman hias hingga akhirnya gagal bertahan hidup. Terlebih di musim dingin atau penghujan seperti sekarang.

"Selama musim dingin tanaman hias kami mati, tidak aktif dan seolah tertidur. Ini karena cuaca yang dingin, udara menjadi lebih kering dan minim sinar matahari," ujar Angela Dobson, Pendiri Green & Wild, mengutip situs Metro beberapa waktu lalu.

Itulah mengapa saat musim dingin atau musim hujan, kita tidak perlu menyiram tanaman secara berlebihan. Jangan menyamakan intensitas siraman air seperti saat musim panas atau musim semi, dan menyebabkan tanaman hias mati.

Baca Juga: 20 Aglonema Dicuri, Pemilik Tanaman Hias di Pekanbaru Lapor Polisi

"Penting untuk mengurangi intensitas siraman air selama musim dingin, untuk mencegah akar tanaman yang membusuk, tapi cobalah tingkatkan kelembapan tanaman dan letakkan tanaman hias di kamar mandi," tutur Angela.

Sehingga alih-alih membuat tanaman mati karena terlalu banyak menerima air, lebih baik tempatkan tanaman di kamar mandi.

Angela juga menjelaskan beberapa tanaman kerap sensitif terhadap dingin. Jadi pastikan tanaman dijauhi dari sumber hembusan angin.

Ingat bahwa tanaman sangat suka terhadap cahaya matahari, sehingga bantu tanaman untuk mendapatkan lebih banyak cahaya matahari, seperti letakkan tanaman hias dekat jendela.

Jika Anda termasuk orang yang malas merawat tanaman, pastikan memilih tanaman yang 'tahan banting' alias mereka sangat kuat dan bisa bertahan di berbagai cuaca.

Baca Juga: Waspada Ibu-ibu! Pencuri di Pekanbaru Angkut 20 Tanaman Hias Sekali Aksi

"Lakukan riset jika ingin membeli tanaman baru, khususnya cari tanaman yang lebih kuat untuk bertahan hidup seperti Devil's Ivy (sirih gading). Dinamakan Devil (iblis) karena tanaman ini sangat sulit untuk mati," tutup Angela.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait