facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Penularan Corona di Pengungsian Banjir Kemensos Siapkan Tenda Khusus

Chandra Iswinarno Senin, 07 Desember 2020 | 00:05 WIB

Cegah Penularan Corona di Pengungsian Banjir Kemensos Siapkan Tenda Khusus
Warga melintasi banjir yang merendam pemukiman penduduk di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020). [ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi]

(Kemensos) menyiapkan tenda khusus Covid-19 bagi pengungsi korban banjir di Sumatera Utara (Sumut).

SuaraSumut.id - Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan tenda khusus Covid-19 bagi pengungsi korban banjir di Sumatera Utara (Sumut). Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan Virus Corona.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, M Safii Nasution mengatakan, tenda khusus tersebut akan segera dikirim ke Sumatera Utara dari Palembang, Sumatera Selatan.

"Tenda dengan ukuran 6 x 10 (meter) dengan sekat-sekat tiap dua  meter ada fentilasi. Jadi nanti satu sekat itu adalah satu keluarga. Untuk menghindari penyebaran droplet," kata M Safii Nasution di posko pengungsian korban banjir Tanjung Selamat, Deliserdang, Minggu (6/12/2020).

Dikatakan M Safii, pengiriman logistik dan tenda Covid-19 akan dikirim sesuai jumlah kebutuhan di Sumatera Utara.

Baca Juga: Tim SAR Kembali Temukan Korban Tewas Banjir Deli Serdang, Berusia 2 Tahun

Kemensos memiliki gudang logistik untuk penanggulangan bencana yang berada di tiga wilayah yakni Makassar, Bekasi dan Palembang, Sumatera Selatan.

"Jadi kalau ada terjadi sesuatu di Sumatera, kami tinggal menggeser logistik kami yang ada di Palembang. Untuk tenda Covid-19 akan diluncurkan sesuai kebutuhan disini (Sumut)," ungkapnya.

Sedangkan untuk pemenuhan logistik, M Safii mengatakan akan mendatangkan kasur bagi pengungsi dari gudang yang ada di Palembang.

M Safii juga mengimbau kepada masyarakat ditengah bencana banjir, untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

"Kita minta media juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol dimana kasus yang meningkat," harapnya.

Baca Juga: Hujan Deras di Jakarta, Satu Pemukiman Terendam Banjir

Pengiriman logistik berupa kasur dan tenda khusus Covid-19, lanjut M Safii akan dikirim secepatnya dari Palembang ke Sumatera Utara.

"Tadi banyak kita lihat pengungsi masih tidur di lantai, harusnya bisa kita penuhi dengan kasur -kasur kita dari kementerian sosial. Mungkin satu hari ini akan datang," katanya.

Kontributor : Muhlis

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait