alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Covid-19

Suhardiman Kamis, 29 Juli 2021 | 13:18 WIB

Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Covid-19
Seorang pria di Medan memakai masker. [Suara.com/Suhardiman]

Pemakaian masker juga akan melindungi dari penularan Covid-19 jika orang lain terinfeksi atau sakit bersin, batuk atau berbicara.

SuaraSumut.id - Penggunaan masker pada wajah merupakan hal yang krusial dan harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Pemakaian masker juga akan melindungi dari penularan Covid-19 jika orang lain terinfeksi atau sakit bersin, batuk atau berbicara.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) dr James Allan Rarung mengaku, penting untuk memilih dan memakai masker yang baik dan tepat agar dapat meningkatkan proteksi terhadap diri. Masker wajah dipakai dengan menutupi hidung dan mulut sampai dagu.

Sebelum memakai masker, tangan harus bersih. Pasang masker dengan cara memegang tali yang di samping dan mengaitkan ke telinga atau belakang kepala.

Baca Juga: Pulang Umrah Mantap Jadi Kristen, Ini yang Membuat Lukman Sardi Keluar dari Islam

Pakailah masker sampai menutupi mulut, hidung dan dagu, serta pastikan tidak ada celah di antara kulit wajah dan masker. Saat menggunakan masker bedah, bagian yang lebih berwarna terletak di luar dan yang putih atau kurang berwarna menghadap ke dalam.

Hindari menyentuh masker saat digunakan. Jika tidak sengaja tersentuh, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau minimal menggunakan cairan pembersih tangan. Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru atau apabila sudah memakainya kurang lebih 5-6 jam.

"Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali, akan tetapi dicuci terlebih dahulu dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Untuk membuka masker, harus lepaskan dari belakang. Jangan menyentuh bagian depan masker," katanya, dilansir dari Antara.com, Kamis (29/7/2021).

Masker satu kali pakai harus dibuang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan sabun cuci.

Saat ini, tingkat infeksi semakin tinggi dan daya tahan virus Covid-19 makin lama lewat udara atau aerosol. Untuk itu, dianjurkan untuk memakai masker dua lapis. Lapisan pertama adalah masker bedah dan lapisan paling luar adalah masker kain.

Baca Juga: Pentingnya Lingkungan yang Baik Guna Mendorong Proses Belajar Berkualitas di Sekolah

"Jika menggunakan masker N95 maka cukup satu lapis saja, karena daya pelindungnya sudah sekitar 95 persen. Apabila hanya menggunakan masker medis saja, maka daya blokir dari partikel aerosol atau percikan lendir sekitar 56,1 persen saat dilakukan percobaan batuk. Sedangkan masker kain hanya memblok sekitar 51,4 persen," katanya.

Baca Juga

Berita Terkait