facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Barang Domestik Dibongkar di Pelabuhan Belawan Meningkat

Suhardiman Kamis, 07 Oktober 2021 | 14:42 WIB

Barang Domestik Dibongkar di Pelabuhan Belawan Meningkat
Ilustrasi kontainer (Pixabay/skeeze)

meningkatnya volume barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan mengikuti membaiknya perekonomian nasional.

SuaraSumut.id - Jumlah barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, meningkat 41,49 persen menjadi 1.702.257 ton hingga Agustus 2021.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) Syech Suhaimi mengatakan, meningkatnya volume barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan mengikuti membaiknya perekonomian nasional.

"Barang yang dibongkar untuk kebutuhan industri dan konsumsi di Sumut, bahkan provinsi lain di sekitar Sumut," katanya, melansir Antara, Kamis (7/10/2021).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut Parlindungan Purba mengaku, geliat industri di daerah itu mulai membaik, meski belum maksimal karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Baca Juga: Boleh Dicoba, 4 Langkah Memulai Gaya Hidup Minimalis

Industri yang paling menggeliat, katanya, industri minyak sawit, karet dan barang dari karet, serta produk makanan dan minuman.

Selain untuk Sumut, kata Parlindungan, barang yang dibongkar di Pelabuhan Belawan merupakan barang untuk provinsi lain.

Kalau tidak ada pandemi Covid-19, kata dia, arus bongkar barang domestik di Pelabuhan Belawan itu diyakini lebih besar mengingat perdagangan dalam negeri dan ekspor dari Sumut trennya menguat setiap tahun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait