facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satgas Covid-19 Sumut Tegaskan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

Suhardiman Senin, 12 Oktober 2020 | 11:44 WIB

Satgas Covid-19 Sumut Tegaskan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

semua pihak tentunya tidak menginginkan dirinya dan keluarga tertular virus Corona saat jumlah terpapar semakin meningkat.

SuaraSumut.id - Satgas Penanganan Covid-19 Sumut menegaskan pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini dilakukan dalam upaya mengantisipasi terpapar virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, Whiko Irwan mengatakan, semua pihak tentunya tidak menginginkan dirinya dan keluarga tertular virus Corona saat jumlah terpapar semakin meningkat.

"Saat ini marilah mulai kita laksanakan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan air dan sabun, serta hindari kerumunan," katanya dilansir dari Antara, Senin (12/10/2020).

Ia mengatakan, peningkatan kapasitas uji usap (swab) PCR masih menjadi hal yang sangat penting bagi penanggulangan COVID-19, kemudian mengisolasi orang yang terpapar sehingga memutus mata rantai penyakit ini.

Baca Juga: Bakal Ada Aksi Tolak UU Cipta Kerja di Medan, Hindari Jalan Ini

Sampai saat ini ada 13 lab PCR yang beroperasi di Sumut, yaitu Lab Mikrobiologi USU, RS USU, RS Prima Husada Cipta (PHC) Belawan, BPOM Medan, RSUD Deli Serdang, RSUP H Adam Malik.

Selanjutnya RS TNI AD Putri Hijau, RS Murni Teguh, RS Bunda Thamrin, RS Pirngadi Medan, RSU Efarina Brastagi, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan RSUD Gunungsitoli.

Peningkatan jumlah lab ini menambah dengan signifikan jumlah spesimen yang diuji, yakni meningkat 9.609 dari pekan lalu, sehingga total Satgas telah menguji 99.027 spesimen.

"Dari seluruh total Laboratorium PCR Sumut yang ada, maka kapasitas pemeriksaan sampai dengan 2.300 spesimen/hari," pungkasnya.

Baca Juga: Akibat Pandemi Covid-19, Dalang Ini Pentas Wayang Kulit di Atap Rumah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait