facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ribuan Guru Non-PNS di Aceh Dapat Pembekalan

Suhardiman Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:05 WIB

Ribuan Guru Non-PNS di Aceh Dapat Pembekalan
Ribuan Guru Non-PNS di Aceh Dapat Pembekalan Seleksi. [ANTARA]

Pelatihan tersebut bersifat mandiri.

SuaraSumut.id - Sebanyak 7.351 guru non-pegawai negeri sipil (PNS) di Aceh diberi pembekalan seleksi pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) dalam penerimaan Tahun 2021 di satuan kerja Pemerintah Aceh.

Para guru yang diberi bekal merupakan guru dari tingkat SMA, SMK dan SLB yang tersebar di 266 kelas seluruh kabupaten/kota di Aceh.

"Para peserta yang mengikuti pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Plt Kepala Bidang Pembinaan GTK pada Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Muksalmina, melansir Antara, Kamis (19/8/2021).

Ia mengatakan, pelatihan pembekalan dalam menghadapi seleksi PPPK berlangsung 18 hingga 22 Agustus 2021. Pelatihan tersebut bersifat mandiri.

Baca Juga: Kematian Ibu Hamil saat Terpapar COVID 19 di Sumsel Naik 10 Persen

Disdik Aceh mempersiapkan sebanyak 266 tutor dari 12 mata pelajaran. Para tutor itu sebelumnya telah dilakukan pembekalan di tingkat provinsi, termasuk membekali mereka dengan modul dan kisi-kisi soal.

Para tutor lalu dikembalikan ke sekolah masing-masing untuk membuka kelas secara mandiri dan menerima para guru non-PNS yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK.

"Jadi bisa kita katakan bahwa ini pelatihan terbesar yang pernah kami laksanakan untuk para guru non-PNS jenjang SMA, SMK dan SLB yang tersebar di 23 kabupaten/kota," katanya.

Masing-masing kepala sekolah bekerja sama dengan kepala cabang Disdik Aceh di seluruh wilayah juga telah menyiapkan tempat pelatihan, seperti ruang kelas serta ruang komputer, sedangkan Disdik Aceh menyediakan narasumber saat pelatihan.

"Jadi peserta tinggal datang ke lokasi pelatihan sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing. Semua ini kami lakukan untuk membantu para guru non-PNS kita agar bisa lulus di seleksi PPPK nanti sesuai dengan arahan Gubenur Aceh," katanya.

Baca Juga: Dear PLN, Ada 3 Kecamatan dengan 20 Desa di Kaltim yang Belum Dialiri Listrik

Data dari SSCASN 2021, Muksalmina mengatakan jumlah peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti seleksi guru PPPK di provinsi paling barat Indonesia itu mencapai 9.595 orang. Seluruh peserta tersebut akan bersaing ketat untuk memperebutkan 5.218. kuota yang akan diterima.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait