alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Edy Rahmayadi Ingin 'Sulap' Kawasan Medan Utara Jadi Tempat Wisata Bahari

Suhardiman Jum'at, 23 Oktober 2020 | 18:17 WIB

Edy Rahmayadi Ingin 'Sulap' Kawasan Medan Utara Jadi Tempat Wisata Bahari
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. [Foto: Istimewa]

Saat ini, kata Edy kawasan itu tidak tertata dengan baik, bahkan terkesan kumuh.

SuaraSumut.id - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ingin menjadikan kawasan Belawan dan sekitarnya menjadi salah satu tempat wisata bahari.

Keinginan Edy disampaikan dalam rapat tentang penataan kawasan pemukiman di kawasan Medan Utara berbasis wisata bahari, Jumat (23/10/2020).

Edy menyebut, akan menata kawasan Belawan dan sekitarnya agar lebih lestari dan layak dihuni oleh masyarakat.

Saat ini, kata Edy kawasan itu tidak tertata dengan baik, bahkan terkesan kumuh. Selain itu ada juga hutan mangrove yang dialihfungsikan menjadi kebun sawit.

"Medan Utara, salah satunya Belawan tidak teratur, diabaikan. Jadi ini yang harus kita tertibkan. Kemudian kita tata itu menjadi tempat wisata, karena kalau jadi daerah wisata akan menghasilkan pendapatan masyarakat, khususnya Kota Medan," kata Edy.

Tahap pertama perlu dibuat masterplan atau rencana induk, mengenai penataan kawasan tersebut. Pada Januari 2021 ditargetkan rencana itu harus sudah berjalan.

"Saya kepingin ini benar-benar terwujud," katanya.

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bisa dijadikan contoh. Bahkan perkampungan nelayannya sangat bagus dan sangat layak huni.

Edy mengajak setiap pihak mulai dari Pemprov Sumut, BUMN, hingga masyarakat untuk membentuk kelompok kerja atau tim guna menyiapkan perencanaan atau master plan penataan kawasan Medan Utara.

"Saya serius ini, saudara-saudara tolong berikan semua apa yang bisa diberikan," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumut Ida Mariana mengatakan, kawasan tersebut terletak di Kota Medan dan Deli Serdang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait